Laman

Selasa, 17 Agustus 2010

pertanyaan bodoh

Saya memang sering menghubungkan apa yang terjadi sekarang dengan masa lalu saya. Menurut para motivator, saya adalah orang yag selalu dibayang-bayangi masa lalu, orang seperti saya tidak akan sukses. Tapi ini lah saya, mungkin masa lalu yang membuat saya seperti ini. Dahulu memang indah, masa itu, cerita itu, dan ini itu. Hanya masa lalu.
Ngomong-ngomong, semakin hari semakin banyak teman-teman saya yang membahas Buka Bersama. Ya, ini Ramadhan, wajar saja. Di beberapa situs jejaring sosial pun banyak saya temui tulisan mengenai ajakan seperti ini. Memang ini telah menjadi tradisi. Namun pertanyaan saya, kenapa hanya ada Buka Bersama di bulan Ramadhan? Kenapa pada hari biasa kita tidak Buka Bersama?. Pertanyaan bodoh, apalagi ada yang berfikir apa jawaban dari pertayaan ini, jawaban nya pun bodoh.
Tapi bukan itu maksud saya. Buka bersama pada hari biasa ya Buka Bersama. Bukan berarti berbuka untuk membatalkan puasa. Pergi ke sebuah tempat makan secara bersama-sama, ngobrol sana sini, yang ngobrol ya ngobrol, yang diam ya diam, tidak mau membuka diri, tetap pada area nyaman masing-masing. Bahkan ada yang tidak datang karena temannya juga tidak datang. Atau tidak datang karena teman atau ‘mantan temannya’ datang, padahal dahulu mereka adalah sahabat, bahkan lebih dari itu. Atau bisa juga karena jumlah perbedaan jenis kelamin yang datang. Sungguh saya tidak bermaksud menyingung siapa pun, karena saya juga pernah seperti ini. Kalau memang ada yang tersiggung, bilang saja. Saya akan minta maaf.
Maksud saya sebenarnya adalah kita berkumpul saling membuka diri karena kita adalah bagian dari masa lalu yang indah. Mencoba lepas dari kesibukan dan ego masing-masing. Memecahkan segelintir masalah yang muncul karena ucapan yang pedas, ego, atau masalah cinta dan perasaan yang membuat kita selama ini saling memalingkan muka dan tidak pernah bertegur sapa. Jika semua itu terlaksanakan, masa lalu itu, yang indah itu, mungkin hadir lagi.
Maaf atas ketidakpedulian dan kebenaran tulisan saya ini. Saya hanya tidak bisa tidur malam ini,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar