Sabtu, 20 Maret 2010

Sejarah Perkembangan Radio

Sejarah Perkembangan Radio

1. James Clark Maxwell
James Clark Maxwell, seorang fisikawan dan ahli matematika Skotlandia, orang yang memperkenalkan konsep medan elektro-magnetik. James Clark Maxwell berikut penelitian, "medan magnet": jika sebuah bar magnet ditempatkan di sana, hal itu akan mengalami gaya magnet, namun ada lapangan, bahkan saat tidak ada magnet hadir. Demikian pula, sebuah "medan listrik" adalah ruang di mana kekuatan listrik dapat dirasakan - misalnya antara benda logam bermuatan (+) dan (-) oleh baterai.

Pada tahun 1864, James Clerk Maxwell halus menunjukkan hubungan antara dua jenis kekerasan, tanpa diduga melibatkan kecepatan cahaya. James Clark Maxwell menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik yang cepat mempengaruhi antara medan magnet listrik dan menyebar dengan kecepatan cahaya. Maxwell benar menduga bahwa sebenarnya cahaya seperti gelombang, itu pada dasarnya merupakan fenomena elektromagnetik, dan dengan persamaan-nya ini membuka jalan untuk pemahaman yang jauh lebih dalam optik, ilmu cahaya. Dia lebih jauh menunjukkan bahwa listrik dan medan magnet bepergian melalui ruang, dalam bentuk gelombang, pada kecepatan 3,0 × 10 8 m / s. Dengan demikian, dia berpendapat bahwa cahaya adalah suatu bentuk radiasi elektromagnetik.

James Clerk Maxwell memprediksi adanya gelombang radio. Dari hubungan ini muncul gagasan bahwa cahaya adalah fenomena listrik, penemuan gelombang radio, Einstein dan teori relativitas besar fisika masa kini.

2. Heinrich Rudolf Hertz
Heinrich Rudolf Hertz lahir pada 22 Februari 1857. Ia adalah seorang fisikawan Jerman yang memperjelas dan memperluas teori elektromagnetik cahaya yang telah diajukan oleh Maxwell. Dia adalah orang pertama yang memuaskan menunjukkan adanya gelombang elektromagnetik dengan membangun sebuah alat untuk menghasilkan dan mendeteksi VHF atau UHF radio gelombang.
Hertz mengembangkan antena penerima. Ini adalah satu set terminal yang tidak didasarkan listrik untuk operasi. Ia juga mengembangkan jenis pemancar antena dipol, yang merupakan pusat-makan elemen didorong untuk transmisi UHF gelombang radio. Antena ini adalah sederhana antena praktis dari sudut pandang teoretis. Pada tahun 1887, Hertz bereksperimen dengan gelombang radio di laboratorium. Hertz menggunakan kumparan Ruhmkorff digerakkan oleh celah elektroda dan satu meter pasangan kawat sebagai radiator. Kapasitas bola hadir di ujung rangkaian resonansi untuk penyesuaian. Penerima-Nya, seorang pendahulu antena dipol, adalah setengah-gelombang sederhana antena dipol untuk shortwaves
Menggunakan cincin detektor, ia mencatat bagaimana besarnya dan arah gelombang's komponen bervariasi. Hertz diukur gelombang Maxwell dan menunjukkan bahwa kecepatan gelombang radio sama dengan kecepatan cahaya. Para intensitas medan listrik dan polaritas juga diukur oleh Hertz.
Pada tahun 1892, Ia didiagnosis mengidap migrain yg berat dan Hertz mengalami beberapa operasi untuk memperbaiki penyakit. Dia meninggal karena granulomatosis Wegener pada usia 36 di Bonn, Jerman pada 1894, dan dimakamkan di Ohlsdorf, Hamburg di pemakaman Yahudi. Satuan SI hertz (Hz) didirikan untuk menghormatinya oleh IEC pada tahun 1930 untuk frekuensi, Hertz itu dihormati oleh Jepang dengan Order of the Sacred Treasure.

3. Quqlielmo Marconi
Marconi lahir pada 25 April 1874. Dia adalah seorang penemu Italia, terkenal karena pengembangan radiotelegraph sistem, yang berfungsi sebagai landasan bagi pendirian berbagai perusahaan yang terafiliasi di seluruh dunia. Ia berbagi Penghargaan Nobel dalam Fisika tahun 1909 dengan Karl Ferdinand Braun, "sebagai pengakuan atas kontribusi mereka pada pengembangan telegrafi nirkabel".
Marconi menggunakan gelombang radio untuk menciptakan sebuah sistem praktis "telegrafi nirkabel”, yaitu pengiriman pesan telegraf tanpa menghubungkan kabel seperti yang digunakan oleh telegraf listrik. Pada awalnya, Marconi hanya dapat sinyal atas jarak terbatas. Pada musim panas tahun 1895 ia menggerakkan eksperimen di luar rumah. Setelah meningkatkan panjang antena pemancar dan penerima, dan mengatur mereka secara vertikal, dan positioning antena sehingga menyentuh tanah, kisaran meningkat secara signifikan.
Tak lama kemudian dia mampu mengirimkan sinyal ke sebuah bukit, seorang jarak sekitar 1,5 kilometer. Pada titik ini ia menyimpulkan bahwa dengan dana tambahan dan penelitian, sebuah perangkat dapat menjadi lebih besar mampu mencakup jarak dan akan terbukti berharga baik secara komersial dan militer
Radio Belanda akademi yang menganugerahkan para Marconi Penghargaan per tahun untuk program radio yang luar biasa, presenter dan stasiun. National Association of Broadcasters (US) menganugerahkan Penghargaan NAB Radio Marconi untuk program radio yang luar biasa dan stasiun. Marconi telah dilantik menjadi Broadcaster Nasional Hall of Fame pada tahun 1977. Marconi pun meninggal pada 20 Juli 1937.
4. Reginald Fessenden
Seorang penemu Kanada yang lahir pada 6 Oktober 1866 di Bolton Timur . Dia orang yang melakukan percobaan perintis di radio, termasuk awal transmisi suara dan musik.
The National Electric Signaling Company (NESCO) membiayai riset Fessenden, termasuk pengembangan dari kedua kekuatan tinggi rotary-percikan pemancar untuk radiotelegraph layanan jarak jauh, dan bertenaga yang lebih rendah. Fessenden merasa bahwa, pemancar gelombang yang menghasilkan gelombang sinus murni sinyal di satu frekuensi akan jauh lebih efisien, terutama karena dapat digunakan untuk transmisi audio berkualitas. Fessenden di kontrak oleh General Electric untuk membantu merancang dan memproduksi serangkaian frekuensi tinggi alternator-pemancar.
Tahun 1900 Fessenden bekerja untuk Biro Cuaca Amerika Serikat, dengan tujuan membuktikan kegunaan menggunakan jaringan stasiun radio pantai untuk mengirimkan informasi cuaca, sehingga menghindari harus menggunakan jalur telegraf yang ada. Keberhasilan awalnya datang dari sebuah barretter detektor, yang diikuti oleh detektor electrolytic yang terdiri dari kawat tipis dicelup dalam asam nitrat. Ketika bekerja, Fessenden juga mengembangkan heterodyne prinsip, yang menggabungkan dua sinyal untuk menghasilkan nada terdengar ketiga. Namun, penerimaan heterodyne tidak sepenuhnya praktis untuk satu dekade setelah itu ditemukan, diperlukan suatu cara untuk menghasilkan sinyal lokal yang stabil, yang menunggu perkembangan berosilasi-tabung vakum.
Di Pulau Cobb, Maryland, Fessenden bereksperimen dengan frekuensi tinggi memicu pemancar, berhasil meneruskan pidato dengan jarak sekitar 1,6 kilometer. Pada saat ini kualitas suara terlalu menyimpang untuk secara komersial praktis, tetapi sebagai ujian hal itu menunjukkan bahwa dengan penyempurnaan teknis lebih lanjut akan menjadi mungkin untuk mengirimkan audio menggunakan sinyal radio.
Di akhir hayatnya, Fessenden membeli estat kecil yang disebut "Wistowe" di Bermuda. Ia meninggal di sana pada tahun 1932 dan dimakamkan di pemakaman Gereja St Markus di pulau itu.


5. Lee De Forest
Lee De Forest lahir pada tahun 1873 di Dewan Bluffs, Iowa. Orang tuanya bernama Henry Swift DeForest dan Anna Robbins. De Forest menemukan Audion, sebuah tabung vakum relatif lemah yang membutuhkan listrik sinyal dan menguatkan mereka. Ia adalah seorang anggota fakultas di Institut Teknologi Armour, sekarang bagian dari Illinois Institute of Technology.
Pada Januari 1907, De Forest mengajukan paten untuk dua perangkat elektroda untuk mendeteksi gelombang elektromagnetik. Varian dari katup Fleming yang ditemukan dua tahun sebelumnya dan detektor tabung hampa
Itu adalah elektrode tiga perangkat (piring, katoda, kontrol grid), adalah sebuah tabung vakum. Itu juga disebut De Forest katup, dan sejak 1919 telah dikenal sebagai triode. Inovasi De Forest adalah penyisipan ketiga elektroda di antara katoda (filamen) dan anoda (piring) dari dioda diciptakan sebelumnya. Dihasilkan triode atau tiga-elektroda tabung vakum dapat digunakan sebagai penguat untuk sinyal-sinyal listrik, khususnya untuk penerimaan radio.
Para Audion dapat juga bertindak cepat sebagai elemen switching elektronik, kemudian diterapkan dalam digital elektronik (seperti komputer). The triode sangat penting dalam pengembangan jarak jauh (misalnya antar benua) telepon komunikasi, radio, dan radar. The triode adalah inovasi penting dalam elektronik pada paruh pertama abad 20.
De Forest adalah tamu selebriti pada 22 Mei 1957 episode dari acara televisi This Is Your Life, di mana ia diperkenalkan sebagai "ayah dari kakek radio dan televisi". Dia meninggal di Hollywood pada tahun 1961 dan dikebumikan di San Fernando Misi Pemakaman di Los Angeles, California.

6. David Sarnoff
Ia lahir pada 27 Februari 1891 di Uzlian, Belarusia. David Sarnoff adalah seorang perintis pengusaha komersial Amerika radio dan televisi. Ia mendirikan National Broadcasting Company (NBC) dan di sebagian besar karirnya ini ia memimpin Radio Corporation of America (RCA) dalam berbagai kapasitas dari segera setelah pendiriannya pada 1919 hingga pensiun pada tahun 1970.
Pada tahun 1926, RCA membeli stasiun radio pertama (WEAF, New York) dan meluncurkan National Broadcasting Company (NBC), jaringan radio pertama di Amerika. Empat tahun kemudian, Sarnoff telah menjadi presiden RCA dan NBC telah terbagi menjadi dua jaringan, Red dan Blue. Blue Jaringan kemudian menjadi ABC Radio.
Sarnoff sangat penting dalam membangun dan mendirikan PM penyiaran bisnis radio yang menjadi radio publik unggul standar untuk sebagian besar abad ke-20. Ini adalah sampai siaran FM radio muncul kembali pada tahun 1960.Sukses menegosiasikan kontrak, Sarnoff membentuk Radio Keith Orpheum (RKO), produksi film dan perusahaan distribusi.
Sarnoff meninggal pada 12 Desember 1971. Namun banyak penghargaan yang diterimanya, antara lain :
• Ksatria Salib dari Lorraine (Perancis), 1951.
• Teman Resistance (Perancis), 1951.
• Mr Sarnoff sudah dilantik menjadi Prestasi Junior US Business Hall of Fame pada tahun 1975.
• Sarnoff secara anumerta dilantik ke Radio Hall of Fame pada tahun 1989.
• Sarnoff sudah dilantik menjadi Asosiasi Penyiaran Nasional Hall of Fame di divisi radio.
7. Martin Block
Martin Block lahir di Los Angeles, California pada tahun 1901. Pada tahun 1935, sementara pendengar ke New York sedang menunggu perkembangan penculikan Lindbergh, Blok menghibur para pendengarnya dengan memainkan catatan antara berita Lindbergh .
Block adalah orang pertama yang menyiarkan program musik dengan menggunakan lat pemutar musik.dia mendapat penghargaan diangkat ke Radio Of flame.

8. Novy (Angkatan Laut USA)
Novy adalah orang pertama yang membuat istilah “Broadcasting”. Ia menggunakan istilah ini untuk berkomunikasi antara komandan dengan pasukan untuk menyusun strategi perang.

9. Olson Wales
Olson Wales adalah orang yang membuat drama radio tentang Perang Dunia I dengan memunculkan tokoh makhluk luar angkasa. Kehadiran tokoh ini mampu membangkitkan emosi pendengar pada saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar